Apakah
BlackBerry anda tiba-tiba menyebalkan? Anda tidak bisa melakukan browsing
melalui browser, tapi anda masih bisa mengirim BBM (ini juga kadang lambat dan
ter-pending), anda masih bisa membuka aplikasi lainnya seperti Facebook for
BlackBerry, Twitter for BlackBerry, dan aplikasi lainnya. Aneh bukan? Sinyal
3G-nya penuh, tapi tidak bisa melakukan browsing, tapi BBM bisa? Anda telpon ke
Call Center provider anda, namun menurut
mereka tidak ada masalah. Tambah bingung kan ? Hehe!
Hal
itu terjadi karena adanya gangguan antara BlackBerry dengan provider anda. Cara
mengatasinya adalah:
HOST
ROUTING TABLE
Anda
masuk ke OPTION > DEVICE > ADVANCED SYSTEM SETTING > HOST ROUTING
TABLE. Setelah masuk, klik MENU (lambang BB pada keypad anda), kemudian pilih
REGISTER NOW. Anda akan menerima pemberitahuan bahwa Handheld anda sudah
diregistrasikan.
Silahkan
anda coba browsing. Jika bisa, maka masalah anda selesai. Namun jika tidak
bisa, maka lakukan langkah selanjutnya:
REGISTER
ULANG NETWORK SECARA MANUAL
Anda
masuk ke OPTION > NETWORKS AND CONNECTIONS > MOBILE NETWORK. Setelah
masuk, rubahlah NETWORK SELECTION MODE yang tadinya AUTOMATIC menjadi MANUAL.
Tunggulah
hingga BlackBerry anda melakukan searching provider yang tersedia. Memakan
waktu yang agak sedikit lama biasanya sekitar 2-3 menit. Setelah searching
selesai, maka akan keluar daftar dari provider yang tersedia. Rubahlah ke
provider lain. Misalkan kartu anda provider A, maka rubahlah menjadi provider
B, atau C. Lantas akan muncul peringatan bahwa anda hanya akan bisa melakukan
panggilan darurat. Tekan OK.
Setelah
pergantian operator, matikan BlackBerry anda. Lantas nyalakan kembali (mungkin
lambang sinyal akan menunjukkan SOS). Kemudian lakukan langkah diatas sekali
lagi, dan pindahkan lagi ke operator anda yang sesuai dengan kartu SIM anda.
Merujuk pada ilustrasi di atas, kembalikan ke provider A.
Setelah
proses pengembalian operator, silahkan anda coba browsing. How? It’s work? Say
what? Hahaha… You’re welcome!
Jika
2 langkah diatas masih belum bisa mengatasi masalah anda, maka hubungi Call
Center provider anda, dan sebutkan bahwa anda sudah meregister ulang Host
Routing Table dan Network Selection secara manual. Kemungkinan
besar mereka akan menyarankan anda untuk melakukan soft/hard reset. Lebih baik
tanyakan terlebih dahulu kepada orang yang lebih paham mengenai BlackBerry
sebelum anda melakukan Hard Reset.
sumber :http://www.ivanlahardika.com/2011/05/13/mengatasi-bb-tidak-bisa-browsing-atau-koneksi-bermasalah/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar