Rabu, 16 Mei 2012

Cara Refresh GPS di Odin / Storm 2


Cara Refresh GPS di Odin / Storm 2


Buat elo yang suka main Foursquare, ada kalanya pas kita mau check in ternyata lokasi kita nggak muncul di list. Hal ini terjadi karena GPS kita susah ngelock, baik yang sifatnya built in GPS maupun A-GPS (berdasarkan lokasi BTS terdekat). Nggak usah Foursquare, BB Maps atau Google Maps pun susah pin point lokasi kita kalo GPS kita nggak bisa lock.
GPS nggak bisa lock karena banyak faktor. Tapi pada umumnya sih, lokasi kita baru bisa ketauan kalo GPS kita bisa dikunci lokasinya oleh minimal 4 satelit yang berada nun jauh di atas sana. Supaya lebih mudah lock GPS, kita sebaiknya berdiri di udara terbuka atau di dekat jendela yang nggak kehalangan sama gedung tinggi. Jadi antara device dan angkasa sebisa mungkin gak kehalangan apa2.
Ada kalanya di mana kita masih juga gak bisa lock GPS. Kalo ini kasusnya, maka kita harus Refresh GPS. Gimana caranya? Untuk pengguna BB non touch screen yang ngalamin hal ini, mungkin udah pada nemu solusinya. Masuk ke Options > Advanced Options > GPS > Refresh GPS. Tunggu sampe lokasi kita keliatan di hasil refresh. Sayangnya cara di atas nggak berlaku untuk pengguna Odin / Storm 2, karena di dalam option GPS nggak ada menu Refresh GPS.
Jangan khawatir. Untuk merefresh GPS di Odin / Storm 2 supaya bisa pin point lokasi kita dengan lebih baik, bisa dicoba cara ini:
1. Masuk ke Options > Status
2. Klik tombol BB dan pilih Show Keyboard
3. Ketik RUNTEST atau TEST dan ikuti instruksi di layar sampe ketemu pilihan test apa aja yang mau dijalanin
4. Pilih GPS dan jalanin testnya
5. Ikuti instruksinya sampe hasil menunjukkan Succeeded dan lokasi kita tertulis di sana (dalam format koordinat)
Setelah itu bisa coba check in lagi di Foursquare, pin point di BB Maps atau Google Maps, atau apps location based service lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar